Bab 2 Pengantar Teknologi Game

Bab 2
GAME
TIC-TAC-TOE
2.1
Sejarah Game Tic-Tac-
Toe
Tic Tac Toe berasal dari Kekaisaran Ro-
mawi sekitar abad pertama sebelum ma-
sehi. Masyarakat setempat menyebutnya
Terni Lapili. Permainan ini sama seper-
ti yang kita temukan di zaman sekarang
yang dimainkan oleh dua orang pemain de-
ngan menggunakan tiga bidak, pemain ha-
27
28
rus membentuk satu barisan dengan bidak-
bidak yang dimiiki di lembar kertas papi-
rus.
Namun ada informasi lain, menurut Cla-
udia Zaslavsky dalam buku Tic Tac Toe:
And Other Three-In-A Row Games from An-
cient Egypt to the Modern Computer, Tic-
Tac-Toe berasal dari Mesir kuno. Namun
bagaimana permainan ini mulai disebut de-
ngan nama Tic Tac Toe? Pada tahun 1884,
anak-anak bermain di sebuah batu tulis di-
mana mereka menutup mata sambil men-
coretkan batu dengan dua simbol “X” dan
“O” membentuk satu barisan namun diser-
tai suara tic dan tac dari anak-anak. Pada
tahun 1952, Tic Tac Toe mulai marak dimi-
nati karena untuk pertama masuk ke dunia
video game OXO (or Noughts and Crosses)
untuk komputer EDSAC.
Pemain bisa memainkan Tic-Tac-Toe de-
ngan melawan komputer bahkan dapat mul-
typlay melawan manusia. Pada tahun 1975,
Tic Tac Toe juga digunakan oleh siswa MIT
untuk menunjukkan kekuatan komputasi
31
Gambar 2.3: Tic-Tac-Toe
memutuskan apakah dia ingin per-
gi dengan “X” atau “O” . Jika Anda
pergi lebih dulu, maka langkah ter-
baik yang bisa Anda lakukan adalah
pindah ke pusat. Ini akan memaksi-
malkan peluang Anda untuk menang,
karena Anda dapat membuat deretan
tiga “X” atau “O” dalam kombinasi le-
bih (4) dengan cara ini daripada jika
Anda memilih kotak yang berbeda
Setelah pemain pertama masuk, ma-
ka pemain kedua harus meletakkan
simbolnya, yang akan berbeda dengan
simbol pemain pertama. Pemain ke-
dua bisa mencoba untuk memblokir
32
Gambar 2.4: Kondisi Tic-Tac-Toe
pemain pertama dari menciptakan de-
retan tiga, atau fokus untuk mencip-
takan baris tiga-nya sendiri. Ideal-
nya, pemain bisa melakukan kedua-
nya
Pemain pertama yang menggambar
tiga simbolnya berturut-turut, apakah
itu horizontal, vertikal, atau diago-
nal, telah memenangkan tic-tac-toe.
Namun, jika kedua pemain bermain
dengan strategi optimal, maka ada
kemungkinan bagus tidak ada yang
akan menang karena Anda akan mem-
blokir peluang masing-masing untuk
menciptakan deretan tiga angka

Tinggalkan komentar